JFrame adalah salah satu container yang ada dalam swing. Apaan tuh container? Container adalah komponen yang dapat menampung komponen lain di atasnya. Dalam java training kemarin, saya memberikan analogi container itu seperti meja, kita bisa menyimpan beberapa benda di atas meja itu. Nah begitulah container, di atas jframe kita bisa menaruh JLabel, JTextField, JtextArea, JButton, bahkan JPanel (JPanel adalah termasuk container). Ya, kita bisa menaruh container di atas container. Anggap saja kita menaruh taplak di atas meja.
Masuk ke judul dari posting ini, Membuat Background JFrame dengan Gambar Keren. Proses ini saya jelaskan dengan analogi yang mudah antara taplak dan meja. Agar meja terlihat indah, kita dapat menutupinya dengan taplak yang memiliki perhiasan atau gambar yang indah. Dengan analogi seperti ini, pasti anda tidak akan kesulitan bagaimana proes yang terjadi: Buat sebuah taplak, kemudian hias dengan hiasan yang terbaik, tambahkan gambar-gambar yang sedap di pandang mata, kemudian setelah taplak selesai di buat. Tutuplah meja dengan taplak yang barusan kita buat. Simple kan?
Mudah-mudahan analogi di atas membuat anda semakin mudah memahami apa yang akan dilakukan dalam proyek ini. Oke, berikutnya kita akan belajar, bagaimana mengimplementasikannya di Java (menggunakan IDE Netbeans 6.8):
Menghias Taplak.
Taplak yang akan dibuat adalah berasal dari “bahan baku” JPanel. Hiasan yang akan dibuat adalah gambar abstrak yang indah, anda bisa mendownload gambarnya di sini.
Buat project di Netbeans dengan nama Train (atau apa saja/terserah).
Buat 2 package windu.train.images dan windu.train.ui (atau apa saja terserah)
Copy kan file gambar yg akan dijadikan background ke package windu.train.images
Clean and Build
Buat Class baru (beri nama: PanelBackground.java) pada package windu.train.ui (klik kanan-new-Java Class…)
Buat JFrameForm (beri nama: Home.java) pada package windu.train.ui (klik kanan-new-JFrameForm…)
Sampai tahap ini, jendela project anda akan menjadi seperti ini:
Project
Tambahkan kode pada PanelBackground.java, sehingga hasil akhir nya menjadi seperti ini:
01 package windu.train.ui;
02
03 import java.awt.Graphics;
04 import java.awt.Graphics2D;
05 import java.awt.Image;
06 import javax.swing.ImageIcon;
07 import javax.swing.JPanel;
08
09 /**
10 *
11 * @coba-coba
12 */
13 public class PanelBackground extends JPanel{
14 private Image image;
15
16 public PanelBackground() {
17 image=new
ImageIcon(getClass().getResource("image.jpg")).getImage();
18 }
19
20 @Override
21 protected void paintComponent(Graphics grphcs) {
22 super.paintComponent(grphcs);
23
24 Graphics2D gd = (Graphics2D) grphcs.create();
25 gd.drawImage(image, 0, 0, getWidth(), getHeight(), null);
26 gd.dispose();
27 }
28 }
Clean and Build
Sampai tahap ini kita sudah berhasil membuat taplak yang indah.
Memasang Taplak di Atas Meja
Pada proses sebelumnya kita telah berhasil membuat taplak JPanel yang indah. Sabar dulu ya, anda belum bisa melihat taplaknya, tapi yakin deh taplaknya pasti indah (maksa). Dalam tahap berikut ini, kita akan memasang taplak tadi ke atas meja JFrame.
Buka JFrame, Home.java
Klik kanan – set layout – border layout
Masukan PanelBackground.java ke atas Home.java yang sedang terbuka, dengan cara men-drag dari jendela project.
Nah, anda sudah melihatnya sekarang.
Untuk melihatnya, coba tekan shift+F6. Selamat anda berhasil membuat JFrame dengan Background Gambar Keren.
Menambahkan Komponen Lain
Sekarang anda bisa menambahkan komponen lainnya di atas taplak yang anda buat. Anda bisa menambhkan JLabel, JTextField, JCombo, JRadio, atau lainnya, dengan cara klik komponen pada jendela Pallete (di sebelah kanan) kemudian klik lagi di atas JPanel.
Selamat mencoba semonga sukses J
No comments:
Write comments